PESAN DAN KESAN

Aug 11, 2016

 

Pesan dan Kesan

Oleh : Elsa Rosiana

 

            Selama penulis magang di UPT Kearsipan ITS banyak sekali penulis mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tidak pernah penulis dapatkan sebelumnya. Karena penulis yang tidak pernah melakukan kegiatan magang selama kuliah dan hanya mendapatkan materi saja , kali ini penulis mendapat mata kuliah magang yang wajib bagi mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Penulis memilih UPT Kearsipan sebagai tempat magang dikarenakan penulis ingin lebih mendalami ilmu tentang kearsipan, meskipun di dalam perkuliahan penulis hanya diberi mata kuliah tentang pengantar kearsipan saja tetapi penulis ingin belajar lebih tentang kearsipan. Penulis ingin lebih mengetahui tentang arsip apa saja yang biasanya dikelolah oleh sebuah lembaga atau instansi.

Penulis mendapatkan berbagai ilmu dan pengalaman yang ada di UPT Kearsipan, meskipun awalnya penulis ragu dan merasakan tidak nyaman dengan suasana ruangan UPT Kearsipan penulispun berusaha menyesuaikan dan sekarang penulis sudah beradaptasi dengan suasana ruangan UPT Kearsipan. Awal masuk hari pertama penulis merasa iri dengan mahasiswa magang lainnya yang sudah akrab dengan semua staf UPT Kearsipan, ternyata anak magang lainnya sudah memulai magang terlebih dahulu maka dari itu mereka sudah akrab dengan staf UPT Kearsipan. Dengan berjalannya waktu penulis sudah menyesuaikan dengan suasana ruangan dan para staf UPT Kearsipan ITS, penulis yang berfikir staf yang ada di UPT Kearsipan ini orangnya cuek, tidak peduli, individu dan ternyata tidak seperti itu setelah penulis magang. Staf  dan Kepala UPT Kearsipan semuanya baik-baik, ramah, care, lucu, dll yang bikin penulis nyaman berada didalam ruangan, penulis tidak merasa dibedakan dalam hal apapun semuanya sama dengan mahasiswa magang lainnya. Hingga sampai tiga minggu berjalannya magang ini penulis merasa enjoy, nyaman dalam menjalani magang di UPT Kearsipan ITS, meskipun penulis yang awalnya berfikiran negatif kepada para staf karena awal masuk penulis para staf pendiam tidak banyak bicara. Tetapi kalau sudah kenal bahkan merasa enjoy dalam berbicara, yang pastinya dalam berbicara juga mempunyai sopan satun dan tata krama.

Tidak banyak pesan yang penulis sampaikan selama penulis magang di UPT Kearsipan hanya satu saja dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik lagi. Kesan yang penulis dapatkan banyak sekali yang tidak bisa penulis tuliskan di dalam artikel ini yang pastinya penulis merasa nyaman kepada semua para staf dan kepala UPT Kearsipan yang berada didalam ruangan, dan banyak terima kasih sudah mau membimbing penulis selama magang yang awalnya penulis tidak banyak mengetahui tentang kearsipan sudah dibimbing dan mau berbagi pengalaman kepada penulis sehingga penulis dapat banyak megetahui lebih dalam ilmu tentang kearsipan. Tidak akan terlupakan selama penulis magang di UPT Kearsipan suka maupun duka penulis juga melewatinya, dari penulis kotor-kotoran dengan debu-debu yang ada didalam ruangan arsip kacau hingga bersenang-senang jika berbagi cerita kepada staf dan mahasiswa magang lainnya.