UPT KEARSIPAN MERAIH JUARA PERTAMA KOMPETISI ECO OFFICE DI LINGKUNGAN ITS

Apr 16, 2013

Program eco office yang digalakkan ITS ini sejalan dengan tujuan UPT Kearsipan dalam merubah paradigma lama tentang ruang penyimpanan arsip yang selama ini dianggap sebagai gudang yang berdebu dan cenderung berantakan. Melalui prinsip kerja 5R akhirnya UPT Kearsipan berhasil menjadikan ruang arsip lebih tertata dan indah dipandang mata.

Sebagai pedoman pelaksanaan 5R khususnya di UPT Kearsipan ITS, ada cara tersendiri untuk mewujudkannya yaitu sebagai berikut. RINGKAS, diwujudkan dengan melakukan penyusutan arsip berdasarkan Jadwal retensi Arsip. RAPI, diwujudkan dengan melakukan penataan arsip berdasarkan pola klasifikasi arsip ITS dengan SOP yang berlaku. RESIK, diwujudkan dengan melakukan preservasi arsip dengan SOP yang berlaku. RAWAT, diwujudkan dengan melakukan pelestarian informasi dan medianya secara berkesinambungan. RAJIN, diwujudkan dengan memberdayakan pola kerja yang efektif, efisien, konsisten, dan berkomitmen untuk pelaksanaan kerja yang ringkas, rapi, resik, dan rawat.

Berkat komitmen bersama seluruh staf UPT Kearsipan dalam mewujudkan 5R ini, UPT Kearsipan mendapatkan penghargaan sebagai Juara Pertama dalam Kompetisi Eco Office yang diadakan oleh ITS. Agus selaku Kepala UPT Kearsipan berharap UPT Kearsipan dapat menjadi contoh bagi unit lain untuk menerapkan program 5R di lingkungan ITS (as).