Mari Kita Intip Uniknya Arsip Kartografi dan Kearsitekturan Di Lingkungan ITS

Apr 20, 2018

Pengalaman Saya Selama Magang Di Sub Bagian Kearsipan ITS salah satunya yaitu melakukan kegiatan restorasi atau perbaikan pada arsip kartografi.

Menurut kamus geografi yang dimaksud dengan kartografi adalah ilmu perpetaan dan pembuatan peta. Sedangkan dari para ahli menyebutkan bahwa Arsip kartografi dan kearsitekturan bisa dalam bentuk kertas ataupun non kertas. Arsip kartografi dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kelompok besar, yaitu:

  1. Arsip peta (peta dasar, tematik, bagan, induk dan charts); 
  2. Arsip topografi (permukaan bumi); 
  3. Arsip atlas (kumpulan peta mejadi satu cerita).

Sedangkan arsip kearsitekturan bisa dikelompokkan ke dalam bentuk arsip gambar teknik, gambar arsitektur, denah dan gambar instalasi.

Arsip kartografi yang ada di lingkungan ITS ini didominasi dengan arsip kartografi kearsitekturan, yaitu tentang perancangan gedung, perancangan pembuatan jalan atau taman, perancangan instalasi listrik, dan lain sebagainya. Arsip kartografi di ITS hampir semuanya berbentuk kertas dengan ukuran mulai dari A3 - A0 tergantung dari besar skala yang digunakan.

Arsip kartografi di simpan di dalam rak khusus kartografi. Di Sub Bagian Kearsipan ITS ada 4 rak kartografi yang masing-masing raknya terdiri dari 5 shaf. Arsip kartografi tersebut terdiri dari setiap Fakultas yang ada di ITS, Perpustakaan, BAUK, Rektorat, Rumah Dinas, Gedung Serbaguna, Pascasarjana, dan PPNS.

Upaya restorasi yang telah saya lakukan bersama teman-teman magang lainnya yaitu sebatas menyambung ulang kertas yang sobek dengan menggunakan isolasi dan melakukan penjilidan ulang pada arsip kartografi yang jilidannya sudah lepas.

Demikian sedikit cerita tentang pengalaman magang saya di Sub Bagian Kearsipan ITS.

Terimakasih.