Pengelola Arsip di Lingkungan FIA Memperdalam Ilmu Kearsipan melalui Program Magang Kerja

Mar 16, 2018

 

Upaya untuk meningkatkan kompetensi staf pengelola arsip di bidang kearsipan ditempuh oleh FIA dengan menugaskan staf melaksanakan magang kearsipan di subbagian kearsipan ITS selama 1 hari tepat tanggal 15 Maret 2018. Sebanyak 4 staf dari FIA yaitu yaitu Samsul Arifin (Staf Fakultas Imu Alam ITS), Isminarti, S.Kom (staf Departemen Fisika FIA ITS), Fitroh Hari P (staf Departemen Kimia FIA ITS), dan Sri Wahyuni (staf Departemen  Biologi ITS) melakukan praktikum pengelolaan arsip di ruang diskusi subbagian kearsipan.

Selama kegiatan ini berlangsung para staf diberi tentang materi teknik pemberkasan arsip oleh Kasubbag Kearsipan Agus Santoso, S.Sos., Med.Kom. Selain itu mereka langsung melakukan simulasi tata cara penggunaan Sistem Informasi Kearsipan ITS yang lansgung didampingi oleh seluruh staf Subbagian Kearsipan. Selain teori mereka juga langsung mempratekkan kegiatan pengelolaan  arsip baik secara konvensional maupun digital. Para staf sangat antusias untuk mempratekkan langsung kegiatan pengelolaan arsip baik arsip konvensional maupun digital

Harapan kami semoga apa yang sudah diperoleh bisa menambah wawasan di bidang kearsipan serta bisa  diterapkan di unit kerja masing-masing sehingga tidak ada lagi  pengelompokkan arsip berdasarkan surat masuk dan surat keluar.

Bagi unit kerja di lingkungan ITS yang berminat mengikuti kegiatan serupa bisa menghubungi pesawat 1016.