Visi, Misi, Tujuan dan Fungsi

Apr 20, 2012

Visi, Misi, Tujuan dan Fungsi

Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS adalah unsur penunjang yang bertanggung jawab untuk membina dan mengelola semua arsip yang ada di seluruh unit kerja ITS untuk dapat disimpan dan ditemukan kembali secara mudah untuk kepentingan ITS dan masyarakat umum. Adapun visi, misi, tujuan, dan fungsi  Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS adalah sebagai berikut.

 

Visi   Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS

Menjadikan  Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS sebagai pusat distribusi dan pelestarian informasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.


Misi  Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS

  1. Mendukung ITS dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi melalui pemanfaatan arsip secara optimal.
  2. Menjadikan arsip sebagai bukti akuntabilitas kinerja semua unit kerja di lingkungan ITS.
  3. Mengelola arsip ITS sesuai dengan standar nasional dalam bidang tata persuratan dan tata kearsipan.
  4. Menyediakan layanan informasi yang tepat guna melalui proses temu kembali arsip secara optimal

 

Tujuan  Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS

  1. Menjadi pusat pengelolaan arsip di lingkungan ITS
  2. Menjadi pusat pemeliharaan dan pelestarian arsip statis di lingkungan ITS
  3. Menjadi pusat pelayanan informasi tentang kearsipan di lingkungan ITS
  4. Menjadi pusat pemberdayaan arsip guna kepentingan institut dan masyarakat umum


Fungsi  Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS

  1. Menyiapkan rumusan kebijakan, standar, norma, dan pedoman teknis pengelolaan arsip di lingkungan ITS berdasarkan standar kearsipan nasional.
  2. Membina dan mengawasi seluruh arsip yang ada di lingkungan ITS untuk dapat dikelola sesuai standar kearsipan nasional.
  3. Mengembangkan dan memanfaatkan aplikasi program teknologi kearsipan.
  4. Menyediakan layanan temu balik arsip yang disimpan di U Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS guna kepentingan tertentu
  5. Mengadakan koordinasi dengan ANRI dan  Sub Bagian Kearsipan Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Biro Umum ITS lainnya dalam rangka mengembangkan sistem pengelolaan arsip yang lebih optimal
  6. Melakukan proses digitalisasi arsip untuk menyediakan layanan informasi yang lebih mudah dan cepat
  7. Menyediakan layanan konsultasi kepada pengguna tentang masalah pengelolaan kearsipan
  8. Mengumpulkan semua arsip ITS yang memiliki nilai guna permanen untuk disimpan sebagai arsip statis dan dikirimkan ke ANRI.
  9. Melakukan kegiatan pengelolaan kearsipan mulai dari akuisisi, pengumpulan, pengklasifikasian, penyusunan JRA, penyusutan, temu kembali, pelestarian, dan pemusnahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.